ujian praktik SMK harus selesai awal maret 2010

Kecuali program keahlian akuntansi yang tetap dirahasiakan, pada pelaksanaan ujian praktek SMK siswa setiap program keahlian harus memilih satu dari tiga soal untuk dipraktekkan di hadapan penguji yang berasal dari asosiasi profesi.
  Siswa peserta ujian nasional atau UN tingkat SMK berkesempatan mempersiapkan diri dan mengenal materi ujian praktik kejuruan pada bulan ini. Selain karena jadwal pelaksanaan UN utama yang tahun ini diadakan pada Maret 2010, tim penyelenggaera UN tingkat pusat juga akan memulai pembuatan materi soal pada 5 Januari 2010.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Umum dan Kejuruan Dindik Jati Widjil Saptadi menyatakan bahwa sekolah akan menerima materi soal ujian praktik kejuruan SMK begitu penyusunan dari pusat selesai.

"Sekolah juga akan mendapatkan CD berisi soal praktik, untuk siswa kelas III SMK. Soal bisa diunduh melalui situs Depdiknas," ujar Widjil.

Sosialisasi materi ujian praktik SMK itu memang dijadwalkan bisa segera dilakukan karena pihak sekolah dan siswa perlu persiapan. Semakin cepat sekolah menerima materi ujian, semakin banyak kesempatan bagi sekolah melakukan persiapan, baik dalam pemberi an materi pelajaran, maupun dalam menyiapkan sarana atau kelengkapan praktik.

Kepala SMK 11 Siti Rochanah menyatakan siap menyelenggarakan ujian praktik segera setelah soal ujian diberikan. Menurutnya, majunya jadwal pelaksanaan UN utama menurutnya tidak mengganggu pelaksanaan ujian praktik.

"Materi untuk praktikum semua sudah diberikan. Di semester 5, para siswa sudah mendapat materi itu jadi saya kira semua siap menjalankan ujian praktik,” ujar Siti.

Kepala Bid Dikmenjur Dindik Surabaya Ruddy Winarko menyatakan, semua sekolah telah menerima kisi-kisi soal ujian kompetensi, yang bisa diunduh melalui situs web. "Tidak ada perubahan secara teknis, terkait pelaksanaan ujian kompetensi, baik praktik maupun teori. Jadi, sampai saat ini semua persiapan masih berjalan baik," ujar Ruddy.

Sesuai Prosedur Operasional Standar (POS) UN tingkat SMP, MTs, SMK yang dikeluarkan oleh Depdiknas dan BSNP, ditetapkan ujian praktik kejuruan 

( sumber : KOmpas.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERILAH SEDIKIT KOMENTAR AGAR ANDA BERUNTUNG MEMBACA BLOG AKU.TRIMS